Prinsip Dasar Dalam Mendisplay Busana Di Toko - Ilmu Dasar Display Busana

Display produk merupakan kegiatan menata atau mengatur produk agar menarik pandangan mata calon konsumen. Mendisplay produk di toko bisa dikatakan mudah dan juga bisa dibilang susah. Hal dipengaruhi oleh banyak faktor. 

Bagaimana dengan display busana?

Untuk display busana pada dasarnya hampir sama dengan produk yang lain. Diamana prinsip dasar dalam mendisplay produk tetap berlaku.

Prinsip dasar display inilah yang harus menjadi acuan saat akan dan dalam proses mendisplay busana. Hal ini dilakukan agar tujuan display berhasil seperti yang diharapkan.

Apa saja prinsip dasar display Produk?
  1. Mudah dilihat dan dijangkau
  2. Menarik
  3. Memberi rasa nyaman
  4. Aman
Diatas adalah 4 prinsip dasar dalam mendisplay produk. Untuk pembahasan selanjutnya, saya akan fokus memberi uraian tentang penerapan prinsip diatas untuk produk busana.

Mudah dilihat dan dijangkau

Merupakan syarat penting dalam mendisplay busana. ini akan melibatkan dua indera, Yaitu penglihatan ( mata ) dan tangan. 

Mudah dilihat akan berhubungan dengan penempatan display, Semakin strategis penempatan produk akan semakin mudah dijangkau oleh penglihatan konsumen. Untuk mudah dijangkau, Selain berhubungan dengan penempatan display juga terkait dengan penempatan produk pada rak display atau tempat menata produk.

Prinsip menarik

Penataan atau display produk harus menarik, kata menarik ini sangatlah luas. Bisa terlihat dari segi kerapian, Pengaturan warna dan susunan produk. Ini akan membuat kesan pertama atau pengalaman baik kepada calon konsumen yang memasuki area toko.

Memeberi rasa nyaman

Prinsip display ini lebih berhubungan dengan hati konsumen. Kita tahu bahwa tidak semua display bisa memberi rasa nyaman kepada calon konsumen. Sebagi misal display busana dengan menggunakan rak yang jaraknya sangat rapat. Tentu ini akan sangat mengganggu aktivitas pembeli saat jalan guna mencari produk yang dibutuhkan.

Syarat display produk ini juga akan berkaitan erat dengan prinsip menarik, Dimana kondisi counter display yang rapi tentu akan memberi rasa nyaman kepada pembeli. Selain itu, Komposisi warna juga akan bisa mempengaruhi rasa nyaman dalam hati.

Aman

Prinsip keempat dalam display produk adalah aman. Aman disini bisa menyangkut produk, Resiko pemilik produk, Resiko pemilik toko dan aman buat calon konsumen.

Aman yang berhubungan dengan produk bisa diartikan terhindarnya produk dari kerusakan, Baik itu kotor, Sobek atau rusak dalam bentuk yang lain.

Aman yang berhubungan dengan resiko kerugian yang akan diderita pemilik produk dan pemilik toko. Ini berhubungan dengan kerusakan produk dan kehilangan produk.

Aman bagi konsumen akan mengarah pada keselamatan. Dimana bentuk dan peletakan sarasi serta sarana promosi harus diperhitungkan dengan matang agar tidak menimbulkan kerugian pada pembeli. Sebagai misal peletakan atau pemasangan manequeen harus kuat agar tidak jatuh atau roboh. Ini bisa mengurangi resiko bagi anak-anak yang suka bermain atau melihat manequeen dalam jarak dekat.

+Foto atau gambar penempatan manequeen, +Gambar posisi manekin atau patung untuk baju
Foto Penempatan Manequeen
Dari foto diatas kita bisa melihat posisi penempatan manekin pakaian pada counter busana di Toko. Jika pemasangan manekin diatas tidak kuat, Bisa jadi akan roboh atau jatuh mengenai pengunjung toko.

Prinsip dasar atau syarat display busana yang baik harus mencakup penempatan yang strategis ( Mudah dilihat atau dijangkau ), Menarik ( Segi kerapian display dan pengaturan warna ), Memberi rasa nyaman dan aman bagi pemilik produk maupun pengunjung toko.

Demikian artikel terkait display busana dengan tema prinsip dasar atau syarat dalam mendisplay busana atau produk yang baik. Semoga artikel ini berguna bagi kita semua. Saudara bisa kunjungi artikel display busana menarik lainnya dibawah ini.

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Display atau Penataan Produk

Contoh Window Display, Interior Display dan Eksterior Display Toko Pakaian

Peralatan Display Toko Baju - Populer

Cara Memajang atau Menata Pakaian Dalam Pria Menggunakan Rak Display - Wajib Diketahui

Rak Baju - Rak Display Toko Pakaian

Foto contoh display sepatu dan sandal

Cara Mendisplay Aksesoris Wanita Dengan Rak Dan Contohnya - Lihat Kenapa Beda Dan Menarik

Cara Display Gamis - Baju Muslim

Cara Mendisplay Baju Pada Dinding Toko